Yeap. Back Again With Us. Ashooy!
Postingan kali ini tentang “Kira-kira… Gimanasih pendapat anak muda zaman
sekarang tentang lingkungan?” menjurusnya sih ya guys.. “Karantina”.
Ohiya, kita-kita kali ini ngadain observasi buat ‘meneliti’
tema itu, dengan cara… wawancara ke beberapa anak pecinta alam SMAN 3
BEKASI!!!! Mereka-mereka biasa dikenal dengan PALAGASI. Maaf yak capcipcup
mulu, nih langsung deh Check this 1 OUT!!
1.
Narasumber 1, a.ka Fiani Ramadhania
·
“Dalam
skala 1-10, mau ngasih angka berapa nih buat kepedulian loe terhadap
lingkungan?”
“Hmm… Berapa ya? 5, soalnya
peduli, tapi…males.”
·
“Apa yang
loe tau tentang karantina?”
“Karantina itu diasingin, istilahnya kalo berpenyakit dijaga biar ga
nyebar.”
·
“Apa yang
loe tau tentang hama?”
“Sesuatu yang istilahnya merugikan buat sesuatu yang dihinggapinya.”
·
“Kegiatan
apa yang loe lakuin buat lingkungan sekitar loe? Alam yea maksudnya.”
“Nanem mangrove dari MUGO! Apalagi ya.. Hmm.. ngangkutin sampah di gunung
termasuk ga?”
·
“Tau
Badan Karantina ga? Jelasin dong buat aku qaqa!”
“Balai tempat orang dikarantina…”
·
“Siapa
nih yang wajib melakukan karantina?”
“Orang-orang yang istilahnya..berwenang.”
·
“Dalam
skala 1-10, seberapa penting nih karantina itu?”
“Tergantung karantina apa dulu.”
“Kalau karantina secara umum?”
“Tergantung, karena apa dulu?”
AKU CAPEK DIGINIIN
lanjut
·
“Apa yang
diketahui dari Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian?”
“The*beepbeep*. Gue gan gerti sama sekali itu apaan, dan belum pernah
denger.”
·
“Kira-kira
apa korelasi antara karantina dengan tumbuhan ataupun hewan?”
“Kalo tumbuhannya sakit, dikarantina, biar ga nyebar. Ya.. begitu juga
dengan hewan.”
·
“Kasih
pendapat dong! Tentang pertanian dan peternakan di Indonesia saat ini yak!”
“Hmm..(sudahkuduga//ga,canda-_-) kalo menurut guweh, sebenernya Indonesia
kan negara agricultur, udah gitu masyarakat kita udah biasa ngurusin hal itu,
harusnya bisa jadi negara yang pertanian & peternakannya maju banget!
Bahkan, kalo kita punya teknologi yang maju, kita bias lebih maju dari Amerika.
2. Narasumber
2, a.ka Nabila Maharani
·
“Dalam
skala 1-10, mau ngasih angka berapa nih buat kepedulian loe terhadap
lingkungan?”
“5. Kurang rajin buat mungut sampah.”
·
“Apa yang loe tau tentang karantina?”
“Tempat mengobati semua mahluk hidup yang sakit,biar ga menyebar.”
·
“Apa yang
loe tau tentang hama?”
“Perusak mahluk hidup yang dia kunjungi”
·
“Kegiatan
apa yang loe lakuin buat lingkungan sekitar loe? Alam yea maksudnya.”
“Yaa.. Mungutin sampah?”
·
“Tau
Badan Karantina ga? Jelasin dong buat aku qaqa!”
“Ya.. Buat nge-karantina mahluk hidup yang dikun jungi hama.”
·
“Siapa
nih yang wajib melakukan karantina?”
“Petugas yang berprofesi seperti itu.. Orang yang professional lah”
·
“Dalam skala 1-10, seberapa penting nih
karantina itu?”
“8. Karena untuk mencegah penyebaran penyakit ke
mahluk hidup yang lainnya.”
·
“Apa yang
diketahui dari Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian?”
“Untuk menguji dari pertanian.. Untuk menguji terapan yang dikarantina..”
·
“Kira-kira
apa korelasi antara karantina dengan tumbuhan ataupun hewan?”
“Karantina itu menguntungkan buat tanaman dan hewan.”
·
“Kasih
pendapat dong! Tentang pertanian dan peternakan di Indonesia saat ini yak!”
“Baik. Alasannya.. gatau..”
Duh,kamu. Kaya mencintai seseorang aja, gaada alasan.haft.#baper
3.
Narasumber 3, a.ka Dita
·
“Dalam
skala 1-10, mau ngasih angka berapa nih buat kepedulian loe terhadap
lingkungan?”
“9. (wiih,prokprokprok!!) Pernah ngorek sampah didepan umum, kalo dirumah
paling aware sama kebersihan!”
·
“Apa yang loe tau tentang karantina?”
“Tempat berkumpulnya orang-orang yang terbuang,terasingkan.. Eh tapi Miss
Indonesia dikarantina, padahal dia cantik ya..” Demi deh, ini gadirekayasaa!!!!
·
“Apa yang
loe tau tentang hama?”
“Hama = parasit. Mengganggu orang, gacuma hewan dan
tumbuhan,manusia juga.”
·
“Kegiatan
apa yang loe lakuin buat lingkungan sekitar loe? Alam yea maksudnya.”
“Pernah bersiin kali..” Wedeh, saik kali ni anaq!
·
“Tau
Badan Karantina ga? Jelasin dong buat aku qaqa!”
“Tempat berkumpulnya orang-orang terisolasi”
·
“Siapa
nih yang wajib melakukan karantina?”
“Orang-orang yang perlu karantina.”
·
“Dalam skala 1-10, seberapa penting nih
karantina itu?”
“5 lah. Duit, sarana, prasarananya mahal.”
·
“Apa yang
diketahui dari Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian?”
“Balai uji terap = tempat untuk menerapkan.
Metode = cara yang digunakan
untuk karantina”
·
“Kira-kira
apa korelasi antara karantina dengan tumbuhan ataupun hewan?”
“Kalo tumbuhan abis dikarantina, pasti langsung diuji keberhasilannya
dengan percobaan kecil dengan tumbuhan. Begitu juga dengan hewan.”
·
“Kasih
pendapat dong! Tentang pertanian dan peternakan di Indonesia saat ini yak!”
“Menurut guweh, peternakan & pertanian di Indonesia itu
perlu dikaji ulang karena kalo di manage dengan benar pasti bias maju lagi di
sector ini. Dah ya…
Dah ya juga dari
kita kita boleh ga? Sebenernya masih ada beberapa lagi wawancara kita, tapi da
akumah apa atuh, kalo dimasukin semua nanti kamu bosen hiks. #paan #sih #guweh.
Ya.. intinya gitulah tanggapan mereka tentang pertanyaan-pertanyaan seputar
lingkungan & karantina. Menurut opini kita ya, kasih deh kasih 65% buat
pengetahuan mereka.. Ininih sebabnya kenapa kita hadir disini untukmu semua,
pengetahuan 65% kita-kita masih perlu ditingkatin lagi guys! Karena
kesempurnaan hanyalah milih Allah SWT. yang maha esa (#mak #dedeh), jadilah
kita harus ningkatin pengetahuan kita 99.9%!! Didukug juga sama tindakan, yang
InsyaAllah ya guys ditangan kita lingkungan bias sehat walafiat. Udah yuk,
udahan. Kita sampai disini aja ya, terimakasih buat kenangannya, aku masih
sayang kamu.#baper #yang #ngetiksiapa #sih #baperan #banget
Udah nih
sekarang serius, ginian aja dibercandain, gimana mau serius sama aku-nya.
Sekali dong aku nya diseriusin.
#TUHKAN #BAPER
DAH IYAK IYAK,
UDAHAN! CAPEK DIBILANG BAPERAN! ASSALAMUALLAIKUM! #KABUR #NGAMBEK #BAPER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar